Trik Memilih Warna Rumah Antimainstream dan Tidak Membosankan

Trik Memilih Warna Rumah Antimainstream dan Tidak Membosankan

Rumah merupakan tempat kita berlindung dan beristirahat ketika aktivitas di luar sudah sangat menguras tenaga. Karena fungsinya yang begitu penting dalam membugarkan tubuh, maka rumah harus disusun senyaman mungkin. Bahkan tidak sedikit orang yang menghabiskan uang yang banyak hanya untuk menciptakan rumah yang nyaman. Fenomena itu sangatlah wajar mengingat peran rumah bagi manusia juga sangat penting.

Untuk mempercantik rumah manusia kerap melakukan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan warna yang cocok bagi kepribadian penghuni itu sendiri. Namun sebagaimana kita perhatikan, warna rumah rata-rata memiliki warna yang sama dan monoton sehingga alih-alih membuat nyaman justru membuat bosan karena kesannya yang monoton.

Memilih Warna Rumah Antimainstream dan Tidak Membosankan

Untuk menciptakan rumah yang tidak membosankan, maka memilih warna menjadi pekerjaan tersendiri di mana harus mempertimbangkan warna apa saja yang antimainstream serta cocok atau tidak warna tersebut dengan kepribadian penghuni. Adapun, beberapa warna yang termasuk ke dalam warna antimainstream yang dapat diterapkan di rumah antara lain:

1. Kombinasi warna kuning dan biru tosca

Mengaplikasikan warna kuning dan biru tosca pada rumah baik untuk bagian interior maupun eksterior sangatlah cocok dan antimainstream. Kesan yang ditimbulkan adalah kesan rumah yang bergaya retro. Selain itu, rumah akan tampak hidup dan ceria apalagi rumah tersebut berdiri di iklim tropis seperti Indonesia ini.

Mengaplikasikan kombinasi warna kuning dan biru tosca dapat menggunakan pola-pola tertentu misalnya dinding warna kuning dan bingkai jendela berwarna biru tosca, atau separuh dinding berwarna kuning dan separuh lagi biru tosca. Itu tergantung selera pemilik rumah. Bahkan bisa juga warna kuning dan biru tosca dikombinasikan dalam satu ruang seperti menggunakan wallpaper dinding (untuk bagian interior) dengan motif yang memiliki warna kuning dan biru tosca.

2. Hitam dan putih

Warna hitam khususnya menjadi warna yang paling jarang sekali digunakan untuk mewarnai rumah. Hal ini dikarenakan kesan yang ditimbulkan warna hitam adalah kesan yang murung dan gelap. Padahal kenyataannya tidaklah melulu seperti itu. Mengaplikasikan warna hitam justru akan menimbulkan kesan yang tidak biasa bahkan kesan yang hidup asal kita mampu mengkombinasikannya dengan tepat.

Hitam dan putih merupakan dua warna kontras yang paling tinggi di mana saat dikombinasikan kedua warna tersebut dapat menciptakan dua dimensi yang sangat berbeda. Untuk bagian luar rumah, aplikasikan warna hitam dan putih untuk rumah yang berada di daratan tinggi karena akan menampilkan kesan yang sejuk. Sedangkan untuk interior aplikasikan warna hitam dengan warna lain selain putih yang lebih cerah dan ceria agar ruangan tidak terkesan sempit.

3. Kombinasi merah dan abu-abu

Pada dasarnya warna abu-abu merupakan warna yang netral di mana Ia akan pantas-pantas saja ketika dikombinasikan dengan warna apapun. Namun mengkombinasikan abu-abu dan merah akan menjadi kombinasi yang ciamik untuk warna rumah. Hal ini dikarenakan dua warna ini dapat menimbulkan kesan yang berbeda, lebih elegan dan glamor.

Kombinasi warna abu-abu dan merah untuk interior dapat juga menggunakan wallpaper dengan atau tanpa motif. Menemukan wallpaper untk interior rumah tidaklah sulit, bahkan dewasa ini banyak tersedia toko wallpaper dinding murah sehingga konsumen tidak perlu lagi risau dengan harga.

4. Ungu

Ungu juga merupakan warna yang jarang digunakan, untuk rumah bagian luar aplikasikan warna ungu dengan warna lain agar kesannya tidak monoton. Misalnya mengkombinasikannya dengan merah, kuning, biru tua dan lain-lain.

Back to Top