Berkreasi Dengan Ragam Bentuk Kusen UPVC

Berkreasi Dengan Ragam Bentuk Kusen UPVC

Kusen merupakan bagian penting dalam pembangunan properti. Kusen berguna sebagai rangka penyambung antara pintu dan jendela ke bagian dinding. Tidak hanya sebagai rangka penyambung, kusen juga berfungsi untuk menghadirkan sisi estetika pada suatu bangunan.

Perkembangan teknologi membuat kusen saat ini tidak hanya berbahan dari kayu seperti di jaman dulu. Saat ini kusen dari bahan UPVC dengan kelebihan yang lebih baik dan lebih fleksibel daripada kusen kayu bisa anda dapatkan di toko-toko material bangunan. UPVC sendiri adalah singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride, artinya sifat plastik yang ada dalam material dihilangkan melalui proses unplasticized sehingga menjadikannya material yang kokoh namun tetap fleksibel.

Kusen UPVC dapat dibuat berbagai bentuk model jendela mengikuti tema arsitektur bangunan. Sifat fleksibel dari material inilah yang membuat para arsitek lebih menyukai pemakaian UPVC karena dapat dibentuk sesuai keinginan. Oleh karena itu kini sudah jarang sekali terlihat pemakaian kusen kayu pada bangunan-bangunan modern.

Nikmati 5 Keunggulan Pemakaian UPVC

 

5 keunggulan berikut ini dapat anda nikmati jika anda beralih dari kusen kayu bergaya lama menggunakan UPVC yang lebih modern.

  • Anti rayap & jamur
  • Tahan Api
  • Anti Bocor dan Anti Lapuk (tahan terhadap perubahan suhu)
  • Menjaga suhu ruangan tetap sejuk
  • Kedap suara dengan double sealed system yang diaplikasikan antara daun pintu atau jendela

Mengenal 3 Teknik Penyambungan dan Pemasangan Kusen UPVC

 

Proses pemasangan kusen berbahan UPVC dapat dikerjakan dengan 3 jenis teknik yakni Teknik Bending, Teknik Welding, dan Teknik Mechanical Joint.

1. Teknik Bending

Penerapan teknik bending dilakukan ketika akan membentuk kusen berbahan UPVC menjadi bentuk lingkaran, oval, dan variasi bentuk lingkaran lainnya.

2. Teknik Welding

Teknik welding diterapkan ketika akan menyambungkan dua profil yang sebelumnya sudah melalui proses bending agar menghasilkan sambungan sempurna tanpa celah. Ini adalah teknik eksklusif untuk material UPVC dan tidak dapat digunakan untuk material kayu maupun aluminium.

Teknik welding dilakukan menggunakan mesin welding. Caranya, dua profil dileburkan dan disambung hingga merekat sempurna. Setelah profil didinginkan, hasil sambungan dibersihkan menggunakan CNC agar terlihat lebih rapi dan lebih cantik dan seolah tidak mengalami proses penyambungan.

Kelemahan dari teknik welding adalah rawan retak apabila tidak berhati-hati saat proses pemasangan kusen.

3. Teknik Mechanical Joint

Teknik Mechanical Joint ini berlaku bagi semua pemasangan dan penyambungan material kusen baik itu UPVC maupun kayu dan aluminium. Cara penyambungan material dengan penembakan mur dan baut ke profil kusen yang akan disambungkan. Jadi teknik ini lebih berfokus pada kekuatan dari pemasangan menggunakan mur dan baut.

Teknik yang paling umum dan sederhana ini jelas memiliki kelemahan seperti bentuk sambungan yang kelihatan dan tidak rapi dan celah dari setiap titik sambungan bisa menjadi jalan masuk bagi air hujan

Harga dan Kualitas

Harga kusen UPVC bervariasi tergantung jumlah kebutuhan dan kualitas dari produk. Kualitasnya dapat ditentukan oleh buatan mana material UPVC tersebut. Sebagai contoh material UPVC buatan negara Eropa lebih unggul kualitasnya daripada material UPVC buatan negara China.

Untuk mendapatkan kusen bermaterial UPVC anda dapat menemukannya di toko yang menjual bahan bangunan. Terdapat persaingan harga pada setiap toko bangunan yang berbeda, anda tinggal membandingkan mana yang lebih terjangkau sesuai kualitas produk. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke toko bangunan, kini anda bisa juga mengunjungi toko bangunan online yang menyediakan produk UPVC dan kebutuhan properti lainnya, tentunya ini dapat lebih menghemat waktu anda.

Back to Top