Bagaimana Sih Cara Merawat Listplang Gypsum Di Langit-Langit?

Bagaimana Sih Cara Merawat Listplang Gypsum Di Langit-Langit?

Rumah bergaya klasik pasti terlihat indah dengan ornamennya yang rumit nan cantik. Terutama detail pada bagian langit-langit yang mengkombinasikan antara gypsum untuk kerangka dan ornamen dekorasi. Lisplang gypsum memberikan tampilan tersendiri yang elegan namun dengan harga terjangkau. Material gypsum juga dapat dikreasikan menjadi partisi gypsum, sekat, lisplang pilar teras dan masih banyak kreasi lainnya.

Bagaimana Merawat Lisplang Gypsum Agar Senantiasa Terlihat Bagus

Anda telah memasang lisplang dari bahan gypsum sebagai tambahan dibagian atas. Terutama pada hunian klasik yang kaya detail dengan penuh ornamen dan bentuk. Membersihkannya tentu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, bila posisinya berasa di atas dengan plafon yang tinggi menjulang. Berikut adalah beberapa cara mempertahankan detail lisplang agar senantiasa terlihat baik dan bersih.

1. Vacuum Cleaner

Area yang tinggi tentu sulit dicapai. Terlebih lagi bila memiliki detail dengan lekukan yang kecil dan sudut-sudut yang tidak mudah dijangkau. Penggunaan vacuum cleaner bisa mencapai area tersebut dari jarak yang jauh. Lakukan pembersihan secara berkala, karena posisinya yang berada diatas bisa jadi orang yang membersihkannya tidak nyaman dalam posisi menghadap keatas.

2. Pasang Wallpaper.

Selain menambah keindahan, wallpaper dapat menghindari pengeroposan pada gypsum dan material bangunan di atasnya. Ia akan menyerap kelembaban dan menjaga ornamen terpelihara dengan baik.

3. Mengecek Secara Berkala

Memiliki hiasan yang sangat detail dan rumit memiliki kebanggaan tersendiri. Tapi tentu harus dibarengi dengan inspeksi dengan rutin. Bila ada bagian lisplang yang kropos dan copot tentu tidak akan terlihat cantik. Orang sering mengabaikan kemungkinan ini padahal sangatlah besar probabilitasnya. Selalu sediakan bagian gypsum yang kelebihan untuk menambahk bagian yang keropos.

4. Membersihkan debu

Cara lain untuk membersihkan bagian lisplang adalah dengan pakai kemoceng. Alat pembersih dengan bulu halus ini mungkin akan mengibaskan bulunya untuk merontokan debu yang menempel. Namun, hal tersebut juga berarti debunya akan pindah entah kesamping atau ke bawah. Jadi bersiaplah untuk melakukan pembersihan ganda agar rumah benar-benar rapih. Kemoceng akan membersihkan bagian gypsum, dan sapu akan menyapu semua debu yang telah dibersihkan pada bagian atas pilar indoor atau langit-langit rumah.

5. Jasa Pembersih

Kini bermunculan layanan pembersih ruangan yang dapat diandalkan untuk membersihkan area rumah yang tak terjangkau. Bahkan para layanan ini memiliki alat dan waktu yang sesuai untuk dapat membersihkan rumah anda dari atas sampai bawah. Dengan panggil jasa pembersih tersebut tentu anda jadi akan sedikit dapat bersantai sementara menyerahkan pembersihan pada tukangnya.

6. Cat Ulang

Cara lain untuk merawat lisplang adalah dengan melakukan cat ulang pada lapisannya. Bahan gypsum memang cantik namun rapuh dengan seiringnya waktu. Dengan pengecatan ulang warnanya bisa kembali cerah walaupun posisinya berada jauh diatas langit-langit. Daya serap gypsum sangat baik dan tidak membutuhkan waktu lama untuk kering, Jadi seketika sudah dipasang pun bisa langsung dicat.

7. Dempul Ulang

Ada bagian yang kropos bukan menjadi masalah bagi bahan material ini. Anda cukum mengisi bagian yang terkikis dengan kompon dan dempul agar kembali pada bentuk semula.

Toko partisi dinding memiliki varian beragam dari bahan kayu, gypsum sampai aluminium. Pembuatan lisplang, partisi dan sekat berbahan tersebut sangat unggul untuk dibentuk sesuai permintaan. Namun, sebelum memikirkan sebuah detail rumit namun menarik, pikirkan terlebih dahulu bagaimana anda akan membersihkannya agar setelah terpasang tidak bingung bagaimana caranya beristirahat.

Back to Top