6 Tips Memadupadankan Cat Rumah agar Terlihat Stylish

6 Tips Memadupadankan Cat Rumah agar Terlihat Stylish

Inilah Tips Padupadan Cat Rumah agar Terlihat Stylish

Cat rumah mampu memberikan kesan yang berbeda dengan pemilihan warna yang berbeda pula. Banyaknya warna cat tembok yang bisa kita jumpai sering kali membuat kita bingung dalam memilihnya. Padupadan menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin mendapatkan tampilan membosankan pada ruang di rumah. Namun, tidak mudah juga untuk melakukan padu padan karena kita harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Berikut ini ada 6 tips yang bisa Anda lakukan ketika memadupadankan cat rumah agar terlihat lebih stylish:

1. Mulailah dari ruang kecil untuk warna yang bagus

Kualitas warna cat terkadang tidak bisa kita pastikan jika belum mengaplikasikannya. Cukup riskan jika kita langsung mencobanya di ruang yang luas. Ada baiknya jika kita mencoba warna cat terlebih dahulu, apalagi jika kita merasa belum yakin. Anda bisa memilih ruang yang sempit untuk menguji warna cat, seperti kamar mandi, tembok lorong atau tembok yang akan ditutupi oleh wallpaper.

Pilihlah warna dasar yang senada dengan warna furniture atau properti dalam rumah Anda sehingga keindahan ruangan akan tercipta dengan lebih optimal. Cat semprot bisa menjadi pilihan ketika mengecat ruang kecil.

 

2. Ikuti lingkaran warna agar terlihat lebih bagus

Pada desainer interior pasti sudah tidak asing dengan hal semacam ini karena inilah yang dapat membantu kita dalam memilih kombinasi warna lebih dari dua. Sebagai contoh, warna kontras hijau dan merah yang bisa menjadi perpaduan terang dan gelap. Dengan lingkaran warna cat pilox, kedua warna tersebut dapat menyatu dan justru akan terlihat bagus.

 

3. Pilihlah warna cat rumah sesuai dengan mood yang ingin dibangun

Setiap warna cat memberikan kesan yang berbeda-beda sehingga mampu menciptakan suasana yang berbeda pula. Begitu juga dengan setiap ruang yang memiliki mood berbeda yang ingin dibangun, seperti suasana tenang untuk kamar tidur, hangat untuk ruang keluarga dan lain sebagainya.

Padu padan warna haruslah memperhatikan mood yang ingin dibangun agar Anda merasa betah berada di ruangan tersebut. Warna soft akan memberikan suasana tenang sedangkan warna cerah memberikan suasana energetik.

 

4. Tambahkan efek kedalaman dalam dekorasi

Tekstur ruangan dan dinding menjadi kunci untuk mendapatkan hasil padupadan yang sempurna melalui efek kedalaman. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih besar. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa memilih warna cerah dan corak tertentu, seperti silver, perunggu, atau emas. Efek kedalaman ini bisa Anda dapatkan melalui cat semprot.

 

5. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan untuk memilih cat dinding

Saat Anda membeli sekaleng cat, penjualnya pasti akan menunjukkan light boxes guna mengetes warna cat yang telah dipilih. Hal ini dapat memperlihatkan warna asli dari cat dalam kondisi normal.

Cahaya lampu pijak akan menghasilkan warna yang hangat dan berwarna kuning. Sementara untuk cahaya lampu pendar akan menghasilkan warna biru. Jadi, Anda bisa menyesuaikan padupadan warna cat dinding dengan kondisi pencahayaan di ruangan tersebut.

 

6. Finishing cat yang berbeda untuk hasil lebih maksimal

Finishing akan lebih baik jika dilakukan dengan warna yang berbeda. Misalnya, dinding dan garis pembatasnya memiliki hue sama, Anda bisa menggunakan warna matte sebagai finishing pada tembok dan warna satin pada garis pembatasnya. Pada lokasi yang sempit, Anda bisa menggunakan cat pilox.

Banyak warna cat yang bisa kita padupadankan dengan baik. Mix-and Match cat rumah membuat Anda bisa berkreasi sesuai selera. Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi untuk rumah lebih cantik.

Back to Top